Minggu, 20 Oktober 2013


Sejarah Singkat
Lembaga Bahasa memulai pelayanannya pada bulan Juli 1992 dengan menggunakan nama Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Sanata Dharma. Pada awalnya, institusi ini hanya menawarkan pelatihan intensif budaya dan bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan dosen dari Universitas Edith Cowan, Perth, Australia. Dalam perkembangannya, P3Bahasa telah menawarkan tidak hanya pelatihan bahasa Indonesia kepada dosen dan mahasiswa dari Australia, tapi juga untuk para ekspatriat yang ingin bekerja di Indonesia maupun mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia yang ingin mendalami bahasa dan budaya di universitas. Pada bulan Oktober tahun 2005, Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Sanata Dharma berubah menjadi Lembaga Bahasa Univesitas Sanata Dharma. Perubahan ini menuntut Lembaga Bahasa untuk meningkatkan metode pengajarannya, bahan-bahan ajar, dan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen.

Visi
   Keunggulan dalam pembelajaran, pengkajian dan pengambangan bahasa dapatmenjadi sarana pengembangan persona yang penuh dan utuh, sehingga mampu turut serta melindungi dan meningkatkan harkat manusia. Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma merupakan satuan pendukung Program Studi Bahasa sebagai bagian dari usaha utama Universitas.

Misi
      Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma (LBUSD) mengusahakan keunggulan dalam pembelajaran, pengkajian dan pengembangan bahasa, sebagai sarana pengembangan persona yang penuh dan utuh, sehingga mampu turut serta melindung dan meningkatkan harkat manusia. Sebagai satuan pendukung Program Studi Bahasa (dengan tugas utama memusatkan diri pada pengkajian dan pembelajaran bahasa bagi mahasiswa), LBUSD bekerjasama dengan Program Studi menyelenggarakan pembelajaran bahasa bagi mahasiswa non-bahasa, para dosen dan karyawan Universitas Sanata Dharma, dan masyarakat umum, serta pengkajian dan pengembangan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar